Pengertian dan Definisi Akuntabilitas Menurut Ahli

Pengertian dan Definisi Akuntabilitas Menurut Ahli - Hallo sahabat https://clesteesinn.blogspot.com/, Pada sharing Informasi kali ini yang berjudul Pengertian dan Definisi Akuntabilitas Menurut Ahli, saya telah menyediakan Informasi Terlengkap Untuk Anda. mudah-mudahan isi postingan yang saya tulis ini dapat anda pahami. okelah, ini dia Informasinya.


Pengertian dan Definisi Akuntabilitas Menurut Ahli

#Akuntabilitas adalah setiap pemegang jabatan yang dipilih oleh rakyat yang kemudian harus dapat mempertanggung  jawabkan  kebijaksanaan yang hendak dan telah ditempuh,. dapat mempertanggungjawabkan ucapan atau kata-kata yang telah dikeluarkan dan juga mempertanggung jawabkan prilaku dalam kehidupan yang pernah, sedang bahkan akan dilaksanakan (Affan Gafar : 2000).

#Akuntabilitas dapat diartikan sebagai kewajiban-kewajiban dari individu-individu atau penguasa yangdipercayakan untuk mengelola sumber-sumber daya publik danyangbersangkutan dengannya kemudian dapat menjawab hal-hal yangmenyangkut pertanggungjawabannya. Akuntabilitas terkait erat dengan instrumen untuk kegiatan kontrol terutama dalam hal pencapaian hasil pada pelayanan publik danmenyampaikannya secara transparan kepada masyarakat ( Arifiyadi, Teguh : 2008 ).

#Akuntabilitas adalah kewajiban untuk memberikan pertanggungjawaban atau untuk menjawab dan  menerangkan kinerja dan tindakan seseorang/badan hukum/pimpinan kolektif suatu organisasi kepada pihak yang memiliki hak atau berkewenangan untuk meminta keterangan atau pertanggungjawaban (LAN : 1999).


#Akuntabilitas merupakan sisi-sisi sikap dan watak kehidupan manusia yangmeliputi akuntabilitas internal dan eksternal seseorang. Untuk sisi internal seseorang akuntabilitas merupakan pertanggungjawaban orangtersebut kepada Tuhan-nya. Sedangkan akuntabilitas sisi eksternal seseorang yaitu akuntabilitas orangtersebut kepada lingkungannya baik lingkungan formal (atasan-bawahan) maupun lingkungan masyarakat (Sirajudin Saleh danAslam Iqbal). 

Demikianlah Artikel Pengertian dan Definisi Akuntabilitas Menurut Ahli

Sekian Informasinya Pengertian dan Definisi Akuntabilitas Menurut Ahli, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sekian postingan kali ini.

Anda sedang membaca artikel Pengertian dan Definisi Akuntabilitas Menurut Ahli dan artikel ini url permalinknya adalah https://clesteesinn.blogspot.com/2015/08/pengertian-dan-definisi-akuntabilitas.html Semoga artikel ini bisa bermanfaat.

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Pengertian dan Definisi Akuntabilitas Menurut Ahli"

Posting Komentar