Macam-Macam Pengertian dan Definisi Zakat

Macam-Macam Pengertian dan Definisi Zakat - Hallo sahabat https://clesteesinn.blogspot.com/, Pada sharing Informasi kali ini yang berjudul Macam-Macam Pengertian dan Definisi Zakat, saya telah menyediakan Informasi Terlengkap Untuk Anda. mudah-mudahan isi postingan yang saya tulis ini dapat anda pahami. okelah, ini dia Informasinya.


Macam-Macam Pengertian dan Definisi Zakat

#Zakat adalah harta yang wajib disisihkan oleh seorang muslim atau badan yang dimiliki oleh orang muslim sesuai dengan ketentuan agama untuk diberikan kepada yang berhak menerimanya (UU No. 38 Tahun 1999).

#Zakat secara etimologi berasal dari kata lughah dan berasal dari kata dasar zakayang berarti berkah, tumbuh, bersih dan baik.

#Zakat adalah ungkapan untuk keluarnya harta atau tubuh sesuai dengan cara khusus pula (Mahzab Syafi’i). 

#Zakat merupakan  kegiatan mengeluarkan sebagian yang khusus dari harta yang khusus pula dan telah mencapai nishab (batas kuantitas yang wajib zakat) kepada yang berhak menerimanya/mustahiq (Mahzab Maliki).

#Zakat merupakan upaya untuk menjadikan sebagaian harta yang khusus dari harta yang khusus sebagai milik yang khusus dan ditentukan oleh Syari’at karena Allah SWT (Mahzab Hanafi).

#Zakat adalah hak yang wajib dikeluarkan dari harta yang khusus untuk kelompok yang khusus pula (Mahzab Hambali).


#Zakat adalah sejumlah kekayaan yang dikeluarkan dengan harapan mendapat manfaat bagi harta itu sendiri, seperti membuat harta lebih berarti, melindungi kekayaan yang dimiliki dari kebinasaan serta menambah kekayaan itu sendiri (Nawawi).

Demikianlah Artikel Macam-Macam Pengertian dan Definisi Zakat

Sekian Informasinya Macam-Macam Pengertian dan Definisi Zakat, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sekian postingan kali ini.

Anda sedang membaca artikel Macam-Macam Pengertian dan Definisi Zakat dan artikel ini url permalinknya adalah https://clesteesinn.blogspot.com/2015/07/macam-macam-pengertian-dan-definisi_24.html Semoga artikel ini bisa bermanfaat.

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Macam-Macam Pengertian dan Definisi Zakat"

Posting Komentar