Pengertian, Fungsi, dan struktur pankreas

Pengertian, Fungsi, dan struktur pankreas - Hallo sahabat https://clesteesinn.blogspot.com/, Pada sharing Informasi kali ini yang berjudul Pengertian, Fungsi, dan struktur pankreas, saya telah menyediakan Informasi Terlengkap Untuk Anda. mudah-mudahan isi postingan yang saya tulis ini dapat anda pahami. okelah, ini dia Informasinya.


Pengertian, Fungsi, dan struktur pankreas

Selamat datang di softilmu, blog yang berbagi pengetahuan dengan penuh keikhlasan. Kali ini kami akan membahas topik tentang pankreas, beberapa tipik utamanya adalah Pengertian Pankreas, Bagian-Bagian Pankreas, Fungsi Pankreas, Pankreas sebagai organ Endokrin dan Pankreas sebagai organ eksokrin.

A. PENGERTIAN PANKREAS
Pankreas adalah kelenjar dengan panjang 12 – 15 cm dan lebar 4 cm yang terletak pada perut dan memiliki 2 fungsi utama, yaitu menghasilkan enzim pencernaan (Fungsi Eksokrin) dan Menghasilkan hormon (Fungsi Endokrin). Pankreas terletak pada perut atas memanjang ke arah kiri, dan bagian kepalanya tampak menempel pada duodenum (Usus 12 jari) apabila digambarkan.

B. BAGIAN BAGIAN PANKREAS
Pankreas dibagi menjadi 4 bagian utama, yaitu kepala, leher, badan, dan ekor.
  • Kepala Pankreasadalah bagian yang terlihat menempel pada usus halus, Kepala merupakan bagian terluas dari pankreas.
  • Leher Pankreasmerupakan bagian pankreas yang panjangnya sekitar 2,5 cm dan terletak diantara kepala dan badan.
  • Badan Pankeras, yaitu bagian pankreas yang terletak diantara leher dan ekor, disebut juga bagian yang paling penting dari pankreas.  
  • Ekor Pankreasmerupakan bagian meruncing yang terletak pada perut kiri, ekor merupakan bagian terakhir dari tubuh pankreas.
  • Saluran Pankreas (Duktus Pankreatikus), merupakan saluran dari pankreas yang akan menyatu dengan duktus koledukus (saluran empedu) dan akan bermuara di duodenum (Usus 12 jari). Saluran pankreas akan mengeluarkan berbagai enzim dari pankreas untuk membantu sistem pencernaan.
PANKREAS
C. FUNGSI PANKREAS

Seperti yang telah kami bahas diatas, pankreas merupakan organ Eksokrin dan Organ Endokrin sehingga memiliki 2 Fungsi Utama, yaitu
1. PANKREAS SEBAGAI ORGAN EKSOKRIN
Ketika makanan mulai keluar dari lambung menuju ke usus halus pertama atau duodenum, duodenum akan menghasilkan hormon Kolesistokinin yang akan merangsang pankreas untuk mengeluarkan enzim – enzimnya (getah pankreas) melalui duktus pankreatikus tadi. Getah Pankreas atau enzim-enzim pencernaan tadi dihasilkan oleh Asini yang merupakan kumpulan sel pankreas. Beberapa Kandungan Getah Pankreas antara Lain :
Artikel Penunjang : Pengertian, Sifat, Fungsi dan Macam Macam Enzim
  • NaCHO3 adalah adalah cairan yang berfungsi memberikan suasana basa pada makanan yang masuk ke duodenum, karena makanan yang berasal dari lambung bersifat asam akibat pengaruh asam lambug. Apabila makanan ini terus bersifat asam saat melewati usus maka dapat melukai dinding usus. Selain itu suasana asam juga dapat menyebabkan enzim lain dari getah pankreas tidak aktif.
  • Lipase Pankreas, merupakan enzim yang berfungsi untuk memecah lemak menjadi asam lemak + Gliserol. Selain berperan dalam pencernaan lemak, Lipase juga dapat mengatur simpanan lemak agar tidak terlalu berlebihan dalam tubuh.
  • Tripsinogen, merupakan komponen Proteinase (Pemecah) protein yang belum aktif, Ketika aktif, dia akan berubah menjadi Enzim Tripsin dan berfungsi untuk memecah pepton menjadi beberapa asam  amino.
  • Amilase Pankreas adalah Enzim yang berfungsi mengubah Amilum yang merupakan poliksarida menjadi Monosakarida (zat gula paling sederhana). Hal ini dilakukan karena tubuh hanya bisa menyerap gula dalam bentuk monosakarida.
  • Enzim Karbohidrase Pankreas, merupakan enzim yang berfungsi untuk memecah gula dalam makanan. Berbagai enzim ini berfungsi memecah disakarida menjadi 2 monosakarida (bentuk gula paling sederhana). Hal ini dilakukan karena tubuh hanya bisa menyerap gula dalam bentuk monosakarida. Contoh Enzim Karbohidrase Pankreas adalah maltase, laktase, sukrase, dll.

Kesimpulan :
Pankreas memiliki banyak peran sebagai organ Eksokrin, namun secara gari besar dapat dibagi menjadi 2 peran utama :

  • Pankreas berfungsi untuk menetralkan pH makan yang masuk ke duodenum agar berada dalam suasana basa. Tujuannya adalah agar makanan tidak bersifat asam, karena makanan yang bersifat asam dapat melukai dinding usus, dan dapat membuat enzim pankreas lain tidak berfungsi

  • Pankreas berfungsi untuk menghasilkan berbagai enzim yang dapat mencerna makanan yang masuk ke usus halus. Enzim-enzim ini memiliki fungsi masing-masing namun secara keseluruhan mereka berfungsi untuk memecah molekul kompleks menjadi molekul yang lebih sederhana agar dapat diserap oleh tubuh
2. PANKREAS SEBAGAI ORGAN ENDOKRIN
SEL_SEL PADA PANKREAS
Pada Pankreas manusia terdapat pulau langerhans yang menjalankan fungsi Endokrin dari pankreas. Pulau Langerhans ini merupakan kelompok sel-sel kecil yang tersebar di seluruh pankreas, kaya akan pembuluh darah dan menyusun 1-2% dari seluruh massa pankreas. Pulau Langerhans terdiri atas 4 macam sel, dan setiap sel menghasilkan hormon yang berbeda, dan setiap hormon ini memiliki fungsi yang berbeda pula. 4 sel tersebut adalah :
  • Sela Alfa Pankreas, merupakan sel yang berfungsi untuk menghasilkan Hormon Glukagon. Hormon Glukagon berfungsi untuk meningkatkan kadar gula dalam darah, dan memecah cadangan gula dalam hati lalu membawanya ke darah.
  • Sel Beta Pankreas, merupakan sel yang berfungsi untuk menghasilkan hormon Insulin. Hormon Insulin berfungsi untuk menurunkan kadar gula dalam darah, apabila kadar gula dalam darah berlebihan, maka insulin akan menyimpan gula berlebih tersebut dalam hati. Apabila hormon insulin tidak ada, atau sedikit maka orang tersebut akan terkena penyakit diabetes militus.
  • Sel F Pankreas (Sel Gamma Pankreas), merupakan sel yang berfungsi menghasilkan Polipeptida pankreas. Polipeptida ini dapat berfungsi untuk memperlambat penyerapan makanan, namun fungsi utamanya masih belum diketahui.
  • Sel Delta Pankreas, merupakan sel yang berfungsi untuk menghasilkan somatostatin. Hormon Somatostatin berfungsi untuk menghambat sekresi Glukagon oleh sela Alfa pankreas, dan menghambat sekresi Insulin oleh sel beta pankreas, serta menghambat produksi polipeptida oleh Sel F pankreas. Intinya Hormon Somatostatin akan menghambat sekresi sel lainnya.  


Kesimpulan
Pankreas sebagai Organ Endokrin berfungsi untuk Mengontrol kadar gula (Glukosa) di dalam darah.
Nah itulah postingan kami kali ini tentang Pankreas, semoga dapat bermanfaat. Apabila masih ada hal yang belum dimengerti silahkan sahabat tanyakan melalui kotak komentar di bawah, kami akan berusaha meresponnya secepat mungkin. Terimakasih telah berkunjung.

Demikianlah Artikel Pengertian, Fungsi, dan struktur pankreas

Sekian Informasinya Pengertian, Fungsi, dan struktur pankreas, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sekian postingan kali ini.

Anda sedang membaca artikel Pengertian, Fungsi, dan struktur pankreas dan artikel ini url permalinknya adalah https://clesteesinn.blogspot.com/2015/06/pengertian-fungsi-dan-struktur-pankreas.html Semoga artikel ini bisa bermanfaat.

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Pengertian, Fungsi, dan struktur pankreas"

Posting Komentar